Rabu, 13 November 2013

Menghormati Orang Tua Kita


Didalam ajaran Islam menghormati kedua orang tua adalah merupakan satu bagian ajaran yang tidak dapat dipisahkan dengan bagaian ajaran lainnya.Berbuat baik kepada kedua orang tua merupakan kuknci untuk mendapatkan Ridho Allah SWT. Begitu besarnya perhatian Allah buat meletakkan dasar ajaran untuk berbuat baik kepada kedua orang tua.


وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حُسْناً وَإِن جَاهَدَاكَ لِتُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

" Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan." (QS. Al-Ankabut :8)

Rasullulah SAW memberikan tekanan di dalam berbuat baik kepada kedua orang tua terutama kepada Ibu, alasannya selama sembilan bulan ibu yang mengandung, yang menyusui anaknya selama dua tahun. Oleh karena itu berbuat baik kepada Ibu Bapak bukan saja diperintahkan bahkan diberikan tutunannya dalam ajaran agama.


Kedudukan orang tua bagi anak begitu mulia, sehingga Allah SWT menentukan bahawa sesudah kita mengabdi kepada Allah maka kewajiban kedua adalah berbakti kepda kedua orang tua, sebagaimana firmannya

"Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukanNya, dan berbuat baiklah kepada ibu bapak". (QS. An-nisa : 36)
Demikian Allah SWT sudah menetapkan perintah Nya agar kita sebagai anak harus berbuat baik kepada kedua orang tua.
Rasulullah SAW bersabda :


"Keridhoan Allah bergantung kepada keridhoan orang tua dan kemurkaan Allah bergantung kepada kemurkaan kedua orang tua." (HR. Tarmidzi)
Ayat dan Hadits tadi mengingatkan kepada kita agar jangan sampai melupakan orang tua ketika kita telah menjadi kaya. Memang tidak ada perjanjian tertulis agar anak membalas budi orang tuanya dan memang ibu bapaknya tidak berpikir untuk mendidik dengan tujuan demikian. Akan tetapi apakah pantas kiranya jika sianak melupakan pengorbanan kedua orang tua dan siksa berat bagi yang mendurhakan keduanya. Sabda Rasulullah SAW :
"Dua macam kejahatan yang akan dibalas Allah dengan segera didunia ini, yaitu zina dan durhaka kepada Ibu dan Bapaknya."(HR. Thabrani).

Kita tidak ingin seperti yang digambarkan sejarah yaitu putranya Nabi Nuh, kita juga tidak ingin mempunyai generasi seperti Alqomah yang tidak tahu berbalas budi kepada orang tuanya.
Karena itu marilah kita muliakan dan hormati kedua orang tua agar hatinya tidak merasa kesal atau marah akibat dari perbuatan / tindak tanduk kita yang kurang terpuji.
Kewajiban berbakti kepada kedua orang tua tidak hanya ketika masih hidup tetapi sampai mereka sudah meniggal dunia, ada empat perkara (ketika sudah meninggal) :
1. Mendo'akan
2.Melaksanakan janjinya
3. Memuliakan sahabatnya
4. Silaturahmi dengan familinya

"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah : wahai Tuhanku, kasihinilah mereka kedunya, sebagaimana mereka mengasihiku diwaktu kecil " (QS. Al-Isra' : 24)


0 komentar:

Posting Komentar